5 hal keren yang bisa dilakukan pengenal wajah

Face recognition atau teknologi pengenal wajah bukanlah teknologi yang baru. Karena itulah saya agak ragu Qi Yin bisa memperlihatkan sesuatu yang belum pernah saya lihat ketika ia mengajak bertemu. Dua tahun lalu, Qi mendirikan perusahaan software pengenal wajah paling populer di China bernama Face++. “Orang-orang perlu tahu apa yang bisa dilakukan oleh teknologi ini,” kata Qi.

Mengejutkannya, teknologi ini sudah melewati banyak hal, dan Qi yakin Face++ sudah mencapai tahap terbaiknya. Contohnya, software pengenal wajah biasa umumnya menganalisa lima titik pada wajah – mata, hidung, dan sudut-sudut pada mulut. Qi mengatakan bahwa Face++ bisa menganalisa sampai 83 titik. Kerja timnya dipisah menjadi tiga kategori: deteksi, analisis, dan pencarian. Apa yang bisa dilakukan dengan detail yang seperti itu.

Mengukur senyum orang-orang cacat

Qi dihubungi oleh seorang profesor universitas China yang membantu anak-anak yang punya cacat yang membuat mereka tidak bisa membuat ekspresi wajah. Face++ menyumbangkan teknologi mereka untuk membantu terapi dan mengawasi perkembangan dari upaya yang dilakukan profesor ini. Qi mengatakan bahwa Face++ juga bisa mengukur beberapa faktor lain seperti seberapa besar senyum seseorang. Hal yang sama juga bisa diterapkan kepada orang-orang dengan kondisi yang serupa seperti pasien yang lumpuh setelah menderita stroke.

Mencari jodoh

Face++ digunakan oleh banyak perusahaan besar di China, termasuk situs pencari jodoh paling terkenal di negara tersebut, Jiayuan. Anda tinggal meng-upload foto seseorang yang Anda anggap cantik, dan Jiayuan akan menggunakan Face++ untuk menemukan orang yang punya wajah yang mirip yang ada di situs tersebut. Qi bergurau, “Saya meng-upload gambar mantan pacar saya, dan saya menemukan seseorang yang mirip.” Situs pencari jodoh Singapura, Love Out Loud Asia, juga menggunakan teknologi pengenal wajah untuk mencocokkan dua orang yang punya bentuk wajah yang sama. Ini dilakukan atas dasar bahwa Anda akan lebih tertarik pada orang yang wajahnya mirip dengan Anda.

Membantu mencari anak yang hilang

Qi melihat bahwa pihak kepolisian punya database yang berisikan foto anak yang hilang atau diculik. Masyarakat bisa mengupload foto ke database tersebut dari smartphone mereka. Setelah di-upload, sistem akan mencari apakah ada foto yang cocok dalam database. Jika ada, polisi akan dinotifikasi. Sebaliknya, dengan menggunakan Face++, sebuah foto dari database bisa dijabarkan ciri-cirinya, kemudian dibandingkan dengan jutaan foto yang ada di internet. Satu hambatan di aplikasi ini adalah, wajah anak-anak akan berubah seiring dengan pertumbuhan mereka. Jadi, semakin lama anak itu hilang, maka semakin tidak revelan pula foto tersebut.

Pengganti password

Anda mungkin sudah pernah melihat laptop atau beberapa handphone Android yang menggunakan pengenal wajah sebagai ganti password. Qi mengatakan bahwa fitur itu bisa dikembangkan dan digunakan untuk pembayaran dan semua kegiatan yang perlu keamanan tingkat tinggi. Itu berarti Anda tidak harus repot-repot mengingat password. Arahkan saja kamera ke wajah Anda, dan Anda akan masuk. Face++ sebaiknya mengembangkan fitur yang saat ini bisa diakali dengan membawa foto pemilik perangkat tersebut.

Cyberstalk

Anda melihat seorang calon pasangan di sebuah bar. Tapi, sebelum benar-benar mendekatinya, Anda ingin mencari tahu apakah orang tersebut punya sesuatu yang membuatnya tidak pantas menjadi pasangan Anda. Dengan pengenal dan pencarian wajah yang lebih canggih, Anda bahkan tidak perlu menanyakan nama asli orang tersebut. Cukup foto saja orang tersebut dan secara diam-diam tekan tombol ’search’. Face++ ingin menjadi Google-nya pencarian wajah dengan membandingkan foto yang Anda upload dengan jutaan foto yang ada di internet.

Meskipun Qi mengatakan bahwa Face++ lebih unggul dibanding para pesaingnya, ia mengaku bahwa produknya masih belum sempurna. Tapi itu berarti produknya masih bisa bertumbuh dan masih bisa menerapkan banyak hal. Qi nantinya berencana membuat pengenal wajah 3D dan teknologi pemodelan. Teknologi Face++ tidak memerlukan alat khusus, cukup kamera handphone saja.

Face++ saat ini melisensikan API berbasis cloud-nya ke developer dan menawarkan SDK gratis untuk pendeteksi wajah. Qi mengatakan bahwa ada sekitar 10.000 developer yang menggunakan Face++ di China. Perusahaan ini juga baru saja merilis versi 3.0 produknya, dan sekarang ingin berekspansi ke Silicon Valley. Tim Face++ sekarang mengerjakan dua produk untuk konsumen: mesin pencari khusus wajah dan pengidentifikasi wajah untuk pengganti password. Face++ mendapatkan pendanaan keduanya sekitar USD 2 juta, dipimpin oleh Innovation Works enam bulan lalu, dan masih bersedia menerima investasi lainnya.

referensi :

http://id.berita.yahoo.com/5-hal-keren-yang-bisa-dilakukan-pengenal-wajah-030052372.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s