Perdagangan Saham Lapis Dua akan Mendominasi di Bursa 2013

 Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di tahun 2013 diprediksi masih akan sama seperti pergerakan pasar saham di 2012, belum ada perubahan signifikan dari sisi sentimen. Saham-saham lapis dua diprediksi akan menguasai pasar.


“Masalah-masalah penyelesaian krisis utang Eropa masih akan mewarnai. Masalah-masalah ekonomi AS juga masih menjadi perhatian setelah mereka akhirnya sepakat soal fiscal cliff. Cuma bedanya nanti China dan Jepang kan baru ganti pemimpin, nanti kita akan lihat seperti apa kebijakannya,” ujar Head of Research PT Trust Securities Reza Priyambada kepada detikFinance, Rabu (2/1/2013).

Menurutnya, sektor yang akan cemerlang di 2013 sementara masih berorientasi di sektor-sektor domestik seperti properti, semen, konsumer, pakan ternak, dan media. 

“Alasannya sebenarnya cukup simple ya, di mana pelaku pasar kan melihat sektor-sektor mana yang masih akan aman dari sentimen global. Sektor-sektor itu ya, diantaranya termasuk sektor konstruksi. Tapi kalau harga komoditas mulai rebound mungkin sektor agri dan tambang bisa jadi pilihan,” kata Reza.

Selain itu, dia juga memprediksi kemungkinan di tahun 2013 saham-saham second linier yang masih akan memimpin selama kondisi pasar tidak jauh berbeda dari 2012. Reza menjelaskan, dari perjalanan 2012 terlihat saham-saham yang top gainer justru dari saham-saham second linier yang memperlihatkan bahwa di tengah sentimen yang kurang baik, saham-saham big cap tidak banyak menjadi pilihan.

Analisis : untuk tahun 2013 saham second linier menjadi salah satu saham yang diminati antara lain karena kurang abiknya saham- saham big cap dan berkembangnya sector – sector domestic speerti property, semen, consumer, pakan ternak dan media 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s