Paragraph efektif dan non efektif

 Paragraph efektif dan non efektif

Contoh :

Liburan sekolah tahun kemarin saya tidak pergi kemana – mana karena kebetulan ibu sedang sakit. Untuk liburan sekolah tahun ini, kami sekeluarga memutuskan untuk berlibur ke Yogya. Yogya merupakan sebuah daerah yang secara geografis letaknya berbatasan dengan jawa tengah. Yogya yang pemimpin pemerintahannya seorang Sultan ini merupakan sebuah daerah yang kaya akan tempat wisata dan kuliner. Yogya juga merupakan kota pelajar karena ada banyak sekali sekolah dan perguruan tinggi disini sehingga Yogya banyak dihuni oleh para pendatang yang menuntut ilmu disini.

 Kami berada di Yogya selama 3 hari dan mengunjungi berbagai tempat wisata setempat. Mulai dari Ujung utara Yogya, kami mengunjungi wisata erupsi merapi, suasana hawa sejuk kaliurang, menyambangi museum Ulen Sentalu, sampai ke ujung selatan Yogya yang berupa pantai parangtritis, desa wisata kasongan, dan pasar seni gabusan. Untuk urusan kuliner, kami juga mencoba banyak kuliner khas Yogya. Mulai dari pecel depan pasar bringharjo, aneka gudeg di Wijilan, bakmi jowo di alun-alun utara, sampai menjoba belalang goreng khas Wonosari Gunung Kidul.

 Banyak kenangan serta pengalaman seru yang kami dapat selama kami berada di Yogya. Hilang sudah penat dan stress sekembalinya kami dari Yogya. Berbagai macam oleh-oleh siap kami bagikan ke keluarga, teman, dan kerabat. Mulai dari batik, bakpia, sampai aneka makanan tradisonal yang menjadi oleh-oleh khas Yogya telah kami borong  dan dikemas rapi di bagasi mobil. Yogya..kami pasti kembali, suatu saat nanti.

 Analisis :

Liburan sekolah tahun kemarin saya tidak pergi kemana – mana karena kebetulan ibu sedang sakit.

Tidak efektif , seharusnya : liburan sekolah tahun emrin saya tidak pergi kemana – mana dikarekan ibu sedang sakit.

Kami berada di Yogya selama 3 hari dan mengunjungi berbagai tempat wisata setempat.

Kaliamat efektif 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s