Paket ‘Jurang Fiskal’ AS, Gedung Putih dan Republik Capai Kata Sepakat

Jakarta – Paket Fiscal Cliff (Jurang Fiskal) atau paket kenaikan pajak tinggi bagi orang kaya AS dan pemangkasan anggaran yang disodorkan Presiden AS Barack Obama ke parlemen mencapai titik temu sementara. Hal ini setelah ada kesepakatan antara Gedung Putih, Demokrat dan Republik jelang malam tahun baru waktu setempat sebagai batas akhir.

Gedung Putih, Demokrat dan Republik di parlemen mencapai kesepakatan soal paket pajak, namun untuk pemotongan anggaran ditunda dua bulan. Kabar kesepakatan ini memang belum disampaikan gamblang secara resmi oleh pihak Gedung Putih maupun Parlemen.

“Itu dari pemahaman saya ada kesepakatan Gedung Putih dengan Republik,” kata seorang sumber di parlemen asal Demokrat dikutip dari AFP, Selasa (1/1/2013)

Kesepakatan ini, menegaskan bahwa akan ada pengenaan pajak tinggi bagi orang kaya di AS yang berpenghasilan di atas US$ 450.000 per tahun, namun ini dikecualikan bagi warga AS lainnya. Selain itu ada penundaan pemangkasan anggaran pemerintah sebesar US$ 109 miliar hingga 2 bulan ke depan.

Analisis :kebijakan ini digunakan utnuk meningkatkan pendapatan AS dari sector pajak dan melindungi warga yang berpenghasilan kecil dati tingginay tariff pajak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s