Tren dalam mengembangkan usaha kecil dalam masyarakat

USAHA KECIL YANG BERKEMBANG DALAM MASYARAKAT

Banyak jenis usaha dalam masyarakat yang kadang kurang kita perhatikan tetapi mempunyai peranan yang pentign dalam perekonomian bangsa.

Coba kita tengok jenis usaha kecil disekitas rumah kita, dipinggir jalan muali bermunculan warung – warung, kios- kios, etalase baru yang menawarkan bermacam- macam produk dan jasa. Mereka ada lah pengembang usaha kecil di dalam masyarakat kita. Tanpa kita sadari usaha itulah yang sekarang menyerap tenaga kerja, menyumbang penerimaan Negara lewat pajak dan pungutan lainnya yang lebih dari apa yang kita bayangkan

Pada dunia belahan ke 3 (Indonesia termasuk di dalamnya ) akan ditemukan berbagai elemen yang membantu meningkatkan perekonomian negara. Sudah menjadi kenyataan dan terbukti dalam negara berkembang usaha-usaha kecil tersebutlah yang menyokong perekonomian bangsa. Di Amerika Serikat sendiri yang sudah merupakan negara maju dan modern, 99 % dari bentuk bisnis di Amerika Serikat adalah Usaha kecil dan Menengah (UMKM) dan UMKM inilah yang membuat 75 % lapangan kerja baru.

Pada saat krisis ekonomi sekarang, sangatlah penting untuk mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah, sehingga lapangan pekerjaan dapat dibuka. Banyak diantara kita adalah mental employee (pegawai) dan kebanyakan kita tidak tahu pentingnya jiwa wirausaha,padahal jelas sekali dengan usaha kecil yang kita bangun akan meningkatkan kegiatan ekonomi. Kita sangat mengharapkan pemerintahan harus mendorong setiap lapisan masyarakat untuk mempunyai jiwa entrepreneur (jiwa wira usaha) dan memulai berbisnis.

Dalam dunia bisnis selalu ada perubahan baik cepat maupun lambat. Seperti kita lihat akhir-akhir ini mulai maraknya kemajuan teknologi,  toko- toko baru dipinggiran jalan, usaha- usaha yang semula tidak begitu ramai menjadi buronan pada pengusaha kecil. Tengok saja bisnis online yang sisuguhkan dari perkembangan iptek yang pesat samapi – sampai anak yang masih kecil saja sekaang malah senang main di warnet dari pada main sepak bola dilapangan. Tentu saja bisnis ini bisa menjanjikan masa depan yang baik bagi perkembangan usaha kecil dan menengah dimana usaha ini tidak begitu memerlukan modal yang besar untuk memulainya.

Mari kita ulas sedikit tentang bisnis bermodal kecil tapi dengan hasil yang memuaskan bahkan sangat fantastic yang sedang berlangsung dalam masyarakat kita.

  1. 1. Bisnis online dari internet

Usaha kecil online tidak dengan cepat bisa online tapi mengikuti tren bisnis, sampai ke titik yang tampaknya aneh untuk menemukan usaha kecil yang tidak paling tidak memiliki situs web sendiri. Tren terbaru usaha kecil adalah memiliki kehadiran media sosial, dengan menggunakan media sosial seperti Twitter dan Facebook untuk mencari tahu apa yang pelanggan katakan tentang usaha mereka dan mempromosikan produk dan layanan mereka.

Dari bisnis ini kita cukup meluangkan waktu 3 sampai 4 jam sehari didepan computer sambil mencetak uang dari bisnis online ini. Bisnis Online banyak sekali tawaran-2 yang sering kita lihat. Yang sejuta sehari, semilyar sebulan, modal kecil hasil ratusan juta, saldo atm bengkak (dientup tawon), gampang dapet duit, seperti iklan diatas dan dibawah ini lah, dll& Kadang-2 setelah dilihat, bisnisnya itu-itu aja& Disini kami coba merangkum berbagai macam Bisnis Online yang ada, sehingga memudahkan kita untuk melihat, mencari dan membandingkan Aneka Bisnis Online yang ditawarkan. Tapi tak ada salahnya kita mencobanya dan tetap harus waspada terhadap segala tindak penipuan yang bermodus apapun itu. Bermacam-macam Bisnis Online ada di sini !!! Diantaranya :

* Sukadownload, memberikan kebebasan download file di Internet
* Menjadi jutawan dari bisnis internet
* Investasi Ilmu dan Pengetahuan, Untuk Modal Ceria Dimasa Depan
* Temukan Rahasia Top 10 Besar Masuk Urutan Teratas Search Engine Google Yahoo
dan masih banayk lagi cntoh lainnya

Ini merupakan sebagian dari banyak beberapa bisnis online yang ditawarkan pengelola internet untuk kita gunakan sebagai cara untuk memperoleh tambahan uang. Pada dasarnya untuk kita bisa terjun dalam bisnis ini kita cukup hanya ketelitian, dan pintar – pintar memilih program yang tidak begitu rumit untuk dijalankan. Jadi pada intinya tidak semua orang yang ahli dalam komputerisasi yang bisa masuk dalam bisnis ini, bahkan orang awam sekalipun bisa masuk dan hasilnya tidak kalah fantastiknya dari orang yang mahir komputer.

Sedikit cara agar kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk berbisnis, antara lain:

  1. Pertama, jika anda belum memiliki blog, twitter, facebook, atau jaringan social lainnya di dunia maya sebaiknya anda membuat accunt dulu di jarinag  social tersebut untuk usaha kecil anda
  2. Jika Anda belum mengeksplorasi media sosial, mencari tahu tentang berbagai saluran yang tersedia dan melakukan sedikit mencoba-coba untuk melihat kemungkinnan mana media sosial yang paling cocok untuk Anda dalam hal waktu dan kegunaan.Jika Anda baru memulai, saya sarankan Twitter, karena disana media ini sangat mudah di akses dan paling mudah untuk digunakan.
  3. Jika Anda telah menggunakan media sosial, Tinjau ulang tujuan Anda berada di sana dan mengevaluasi hasil upaya media sosial sampai saat ini jangan sampai anda hanya menbuat saja tanpa ada evaluasi atas tujuan anda semula untuk membuat jarngan social tersebut
  4. Jika Anda tidak puas dengan hasil Anda sejauh ini, buat rencana untuk memfokuskan kembali upaya media sosial Anda

 

  1. 2. produk dan jasa ramah lingkungan

sekarang ini banyak perusahaan- perusahaan yang mengeluarkan produk – produk mereka yang mengambil tema produk dan jasa ramah lingkungan. Cukup banyak orang yang peduli tentang lingkungan sekitar mereka. Misalnya masalah perubahan iklim, pemanasan global, pelestarian flora dan fauna, penghijauan kembali hutang kita dan masih banyak lagi kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan.

 

Apabila kita mau berkecimpung dalam bidang ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Produk dan jasa yang kita tawarkan haruslah memiliki yang lebih dari sisi pelestarian alam
  2. Jika kita sudah mempunyai produk atau jasa yang semula tidak bertemakan pelestarian lingkungan kita bisa tambahkan produk atau jasa yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan, atau mungkin dengan beralih menggunakan kemasan yang bisa didaur ulang

 

  1. 3. Usaha yang kita sajikan melihat dari keinginan pelanggan

 

Banyak usahawan diluar yang sukses dengan mengikuti apapun keinginan pelanggan dengan arti mereka berjualan tidak berdasarkan keinginan pengusaha melainkan berdasarkan keinginan pembeli atau pemakai produk dan jasa mereka.

 

Jika kita ingin masuk dalam usaha ini ada beberapa hal ayng perlu kita perhatikan antara lain :

  1. Lakukanlah penelitian terhadap saingan kita dalam hal cara penawaran barang kepada pelanggan , sebisa mungkin lakukanlah cara yang lebih baik dari pesaing kita lakukan
  2. Coba lakukan pembelajaran cara marketing yang baik pada staf kita dan meciptakan kampaye pemasaran yang memikat pelanggan.
  3. Usahakan ramah dalam pelayanan kita terhadap pelanggan, karna itulah kunci sukses para pengusaha kecil

 

  1. 4. Usaha tanpa tempat/ etalase yang banyak dan luas

 

Kebanyakan dari usaha ini adalah mereka yang konsen pada usaha jasa dimana usaha jasa ini tidak begitu memerlukan tempat yang luas untuk usaha. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga pada mereka yang bergerak dipenjualan produk bisa tidak bisa melakukan ini. Mereka cukup menganalisa lagi apakah tempat / etalase tersebut dibutuhkan atau tidak sekira mereka tidak memerlukan mereka akan melepasnya.

Dengan begitu kita  bisa memperkecil biaya yang semestinya kita keluarkan untuk sewa tempat bisa dialihkan ke biaya lainnya yang lebih efektif untuk usaha kita. Dengan pemanfaatan ini kita bisa memberi peluang kepada pengusaha baru lainnya utuk berwirausaha.

 

Toko dengan sedikit etalase didalamnya.

Banyak hal yang bisa kita manfaatkan dari usaha semacam ini, misalnya :

 

  1. Karna bentuk usaha ini tidak memerlukan etalase yang banyak, maka ruangan kerja/ toko dapat digunakan semaksimal mungkin
  2. Mangurangi biaya atau pengeluaran untuk sewa tempat, biaya perawatan, biaya tenaga kerja dan sebagainya
  3. Dengan modal kecil pengusahan dapat menjalankan bisnis tanpa ada kekhawatiran tempat usaha
  4. Mandorong orang lain yang bermodal kecil untuk membuka usaha atau menajdi wira usahawan
  5. Management dalam usaha akan semakin mudah dan terorganisir dengan baik

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s